Dunia Obligasi

 

Ketika saya belum menjadi mahasiswa Ilmu Ekonomi UGM, saya sering kali bingung membaca baccan ekonomi yang tertera di surat kabar. Salah satu kata yang sempat membuat saya telmi (telat mikir) adalah Obligasi. Pada saat itu Si Koran sedang mebahas Obligasi dengan berbagai permasalahannya. Saya yang tertarik di bidang ekonomi mencoba menyelesaikan bacaan tersebut, tapi informasi yang saya terima kurang efektif karena keyword dari bacaan tersebut yaitu Obligasi, belum saya ketahui secara pasti. Nah, kali ini Salimfi akan berbagi seputar Dunia Obligasi.

Definisi dari Obligasi adalah dokumen bermeterai yang menyatakan bahwa penerbitnya akan membayar kembali utang pokoknya pada waktu tertentu, dan secara berkala akan membayar kupon kepada pemegang obligasi; biasanya, obligasi diikat dengan suatu jaminan yang dapat dijual untuk melunasi klaim jika emiten (penerbitnya) gagal membayar kupon dan pokok pada saat jatuh tempo (bond). Setiap perusahaan yang terjun di dunia pasar modal berhak menrbitkan obligasi. Tujuan menerbitkan obligasi tak lain adalah untuk mendapatkan modal yang lebih banyak untuk mengembangkan sektor usahanya. Emiten sendiri merupakan sebutan dari perusaaan yang mendapatkan dan dari pasar modal. Dana dari pasar modal salah satunya dapat diperoleh melalui penjualan obligasi. Kemudian perusahaan tersebut akan dinyatakan sebagai Obligator yang berarti mempunyai mempunyai kewajiban secara ikatan hukum untuk membayar utang atau pinjamannya kepada pihak yang telah meminjamkan.

obligasi

 

Istilah-istilah dalam Obligasi

Terdapat banyak istilah mengenai obligasi. Adanya  berbagai macamistilah obligasi diakibatkan perbedaan konsep dalam sebab penerbitan maupun mekanisme pembayaran obligasi tersebut. Berikut merupakan istilah-isilah obligasi sekaligius pengertiannya:

a)      Obligasi Atas Unjuk

Obligasi yang dibayarkan kepada pembawa walaupun nama pembawa tersebut tidak tercatat  pada buku perusahaan penerbit obligasi tersebut. Obligasi ini disebut juga bearer bond.

b)      Obligasi Bagi Hasil

Obligasi yang memberikan bunga dan hak atas pembagian laba. Obligasi ini disebut juga profit sharing bond.

c)      Obligasi Boleh Alih

Obligasi yang dapat dialihkan kepemilikannya dari pemagang pertama kepada pihak lain berdasarkan negosiasi. Obligasi ini disebut juga negotiable bond.

d)      Obligasi Bunga

Obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan atau organisasi tertentu karena kekurangan uang tunai untuk membayar bunga obligasi lain yang telah diterbitkan sebelumnya. Obligasi yang disebabkon oleh penerbitannya ini disebut juga interest bond.

e)      Obligasi Bunga Abadi

  • obligasi yang memiliki tingkat bunga dan pembayaran secara berkala tanpa batas waktu, misalnya obligasi dengan bunga Rp l00,00 per tahundan tingkat diskonto 10%, maka nilai keabadian adalah Rp l00,00/10% = Rp l000,00; lihat obligasi nirkala tahunan. Hal ini dapat disebut sebagai perpetual bond.

f)       Obligasi Definitif

Obligasi yang dikeluarkan sebagai pengganti obligasi sementara atau disebut juga sebagai perpetual bond.

g)      Obligasi Eksternal

Obligasi  yang diterbitkan oleh suatu negara, dijual di negara lain, dan dibayar dalam mata uang negara laintersebut. Hal ini dpat pula diistilahkan sebagai external bond.

h)      Obligasi Hipotek

Penerbitan obligasi yang dijamin dengan hipotek atas properti milik penerbit; pernyataan ini dimuat dalam akta notarial dan disampaikan kepada pemegang obligasi. Obligasi ini dapat disebut sebagai mortgage bond. Sementara pengertian dari hipotek adalah Instrumen utang dengan pemberian hak tanggungan atas properti dan peminjam kepada pemberi pinjaman sebagai jaminan terhadap kewajibannya; dalam hal ini peminjam masih dapat menggunakan atau memanfaatkan properti tersebut;hak tanggungan atas properti gugur setelah kewajibannya dibayar lunas.

i)       Obligasi Kewajiban

Jenis obligasi hipotek dengan nilai nominal lebih besar daripada nilai properti yang dijadikan jaminannya; dalam obligasi kewajiban ada kompensasi bagi yang memberikan pinjaman untuk nilai yang melebihi nilai hipotek. Hal ini dapat disebut sebagai obligation bond.

j)       Obligasi Kolateral

Oblogasi dengan jaminan saham atau obligasi daari perusahaan lain. Obligasi ini dikenal juga sebagai collateral bond.

k)      Obligasi Niaragunan

Alat utang jangka panjang yang tidak mempunyai jaminan harta benda tertentu; pengeluaran obligasi niragunan, biasanya, dilakukan dengan menunjuk perusahaan atau instansi yang harus menyediakan dana bagi pelunasan obligasi. Obligasi ini disebut juga debenture bond.

l)       Obligasi Mikala Tahunan

Obligasi yang tidak memiliki tanggal jatuh tempo dan tidak dapat diuangkan, tetapi hanya dapat menghasilkan bunga secara terusmenerus yang dibayarkan setiap tahun. Hal ini dikenal juga sebagai annuity bond.

m)    Obligasi pasif

Obligasi tanpa bunga, tetapi dengan hak atas pembagian laba  atau passive bond. Dalam mekanisme pambayarannya Obligasi Syariah dapat dikategorikan sebagai passive bond, karena Obligasi tersebut tidak menggunakan sistem bunga yang memang dianggap haram oleh ajaran Islam.

n)      Obligasi Pemerintah

Pinjaman jangka panjang, berupa  penerbitan obligasi  oleh pemerintah untuk  melunasi utang lancarnya. Hal ini disebut juga sebagai consolidotie lening.

  • o)     Obligasi Pendapatan

Obligasi yang bunganya dibayar jika perusahaan  bersangkutan memperoleh laba; bunga tersebut lazimnya dibayar m endahului pembayaran dividen kepada  pemegang saham. Obligasi ini disebut juga income bond.

p)      Obligasi Sementara

Sertifikat sementara yang dikeluarkan sebagai pengganti obligasi definitif yang akan dikeluarkan dan dapat ditukarkan pada saat obilgasi tersebut diterbitkan. Obligasi ini disebut juga Obligai Interim atau Interim bond.

q)      Obligasi tak tertebus

Obligasi yang tidak dapat  dilunasi pada saat jatuh tempo; pada  saat  jatuh tempo  penerbit obligasi  dapat memperpanjang jangka waktunya dengan atau tanpa syarat lain. Disebut juga sebagai noncallable bond.

r)       Obligasi terdaftar

Obligasi yang  nama pemiliknya tercantum pada obligasi tersebut dan  terdaftar pada emiten dan hanya dapat dipindah  tangankan  kepada pemilik baru  jika diendos oleh pemilik yang terdaftar atau yang dikuasakan;  suatu obligasi yang hanya  didaftarkan untuk pokoknya sa ja (tidak untuk bunganya) dinamakan  obligasi  kupon  terdaftar. Obligasi  yang  tidak  didaftarkan dinamakan obligasi atas unjuk/pembawa. Obligasi kupon adalah obligasi yang diterbitkan dengan sejumlah kupon yang akan ditagihkan kepada penerbit atau  agen pembayar saat jatuh tempo  pembayaran bunga atau pokoknya. Obligasi atas unjuk  merupakan instrumen yang dapat diperdagangkan  dan secara hukum tidak memerlukan endosen. Obligasi terdaftar disebut juga registered bond.

s)      Obligasi terendos

Obligasi yang diperkuat  perusahaan lain dengan  tanggung  jawab penuh atas pembayaran kembali. Hal ini disebut juga sebagai endorsed bond.

t)       Obligasi terjamin (1)

Obligasi yang dijamin dengan kekayaan tertentu dari pihak yang mengeluarkannya. (blanket bond)

u)      Obligasi terjamin (2)

Obligasi yang menjaga kemungkinan kerugian akibat penyimpangan penggunaan dana masyarakat oleh pejabat. Hal ini disebut juga sebagai public officialbond.

v)      Obligasi Terkonversi

Obligasi yang didalamnya terccantum persyaratan dapat ditukarkan dengan kepemilikan saham atas permintaan pemiliknya atau disebut juga sebagai convertible bond.

w)    Obligasi Tunda Bunga

Obligasi yang suku bunganya naik secara bertaahap sampai titik bunga tertentu atau yang pembayaran bunganya ditunda sampai kemampuan perusahaan memungkinkan. Obligasi ini diebut juga sebagai deferred bond.

Demikian merupakan berbagai istilah (a sampai w) tentang obligasi. Semoga pembaca menjadi mudah ketika menemukan artikel-artikel ekonomi yang membahas seputar obligasi.

Salim Fauzanul Ihsani

Referensi : Kamus Ekonomi.pdf

gmabar :www.waspada.co.id

About salimfi

Undergraduate Student of Economics Universitas Gadjah Mada

Posted on 21/10/2013, in Wow.. and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: