Menikmati Ramadhan ^_^

Marhaban ya Ramadhan… Bulan dimana terjadi peng”Obralan Pahala”. Alhamdulillah tahun ini kembali dipertemukan dengan bulan penuh berkah tersebut. Bulan yang sangat dinanti-nantikan kedatangannya oleh puluhan juta bahkan milyaran umat muslim sedunia. Bagaimana tidak, Bulan Ramadhan benar-benar menjanjikan bonus-bonus besar dan juga terdapat pengkalilipatan pahala di dalamnya. Ada banyak sekali amalan-amalan yang dapat mendatangkan pahala besar dan tak ada di bula-bulan hijriah yang lainnya.

ramadan11

 

Beberapa pembeda bulan  Ramadhan dengan yang lain diantaranya adalah:

  1. Bulan diturunkannya Al Quran [QS. Al Baqarah (2): 185]
  2. Bulan Terdapat Lailatul Qadar (malam kemuliaan) [QS. Al Qadr (97) : 1-3]
  3. Bulan yang digunaan untuk menjalankan salah satu Rukun Islam (Puasa) [QS. Al Baqarah (2): 183]
  4. Bulan yang jika mengerjakan perbuatan-perbuatan baik di dalamnya contohnya Puasa dan Salat Tarawih, maka akan menghapuskan dosa-dosa (kecil) yang telah lalu. [HR. Bukhari]
  5. Bulan yang Dibuka Pintu Surga, Dibuka pinta Rahmat, Ditutup Pintu Neraka, dan Syetan dibelenggu. [HR. Muslim]
  6. Bulan yang mana amalan Sunnah akan diberikan pahala layaknya amalan Wajib. [HR. Muslim]
  7. Bulan yang melipatkgandakan pahala menjadi 70 kalilipat bagi amalan wajib. [HR. Muslim]

5 poin diatas merupakan bebrapa saja, dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan lain.

Pada kesempatan kali ini, saya tidak hanya akan menyampaikan sedikit masukan ataupun saran, tentang “Bagaimana Menikmati Ramadhan”. Mengapa dipilih kata menikmati? Sejatinya kata menikmati disini semakna dengan memaksimalkan namun menurut saya lebih indah dan elok untuk dibaca dan diucapkan, yupz Bulan Ramadhan memang harus dinikmati untuk meraih setiap keutamaanya. Setiap insan yang menikmati sebuah pekerjaan pastina tidak akan tertekan, terpaksa, ataupun stress, yang terjadi malah penuh gairah, ceria, dan selalu positif dalam menjalankannya.

Satu tips menurut saya untuk Menikmati Bulan “Obral Pahala” adalah Tingkatkan kualitas  ibadah dengan cara membuat Target-target selama Ramadhan.  

Meningkatkan kualitas ibadah adalah salah satu hal yang sepantasnya memang harus dilakuakn mengingat pada Bulan Ramadhan amalan wajib akan diganjar 70 kalilipat pahalanya sedangkan amalan sunnah akan dinilai layaknya amalan wajib. Hal ini sesuai Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda :

“Dalam bulan biasa, pahala setiap kebajikan dilipatgandakan 10 kali lipat, namun dalam bulan Ramadhan pahala amalan wajib dilipatgandakan 70 kali lipat dan amalan yang sunah disamakan dengan pahala amalan wajib di luar Ramadhan.” (HR Muslim).

Kadar peningkatan kualitas ibadah memang relatife untuk setiap muslim. Misalakan untuk orang yang mungkin sebelum ramadhan datang adalah seseorang yang sering Sholat Suha (Subuh waktu Duha), maka di Bulan Ramadhan hal ini harus diperbaiki,  kalu bisa ya Subuh on time, lebih luar biasa lagi jika bisa berjamaah di masjid. Yang biasanya sering ke masjid mungkin sehari cum sekali, kadarnya bisa ditingkatakan 3 atau bahkal 5 kali sehari. Yang biasanya jarang banget pegang Al-Qur’an (Apa lagi baca -.-) , sepantasnyalah selama Ramadhan bisa merutinkan untuk membaca Al-Qur’an tiap hari. Sedekah ataupun infaq juga harus diperbanyak nih di Bulan Ramadhan. Ada salah satu Lembaga Dakwah Kampus  di UNS yang pada tahun 2013 ini mengambil kata Ramadhan Tersenyum sebagai tema program Ramadhannya. Subhanallah, sungguh kreatif ya menurut saya , karena senyum itu shodaqoh kalo kita memperbanyak frekuensi senyum kita selama bulan Ramadhan , InsyaAllah sedekah kita akan banyak J selama Ramadhan. Yang basanya kalo ngasih infaq ke masjid Cuma 500 atau 1000, harus meningkat juga dong, kan selama Ramadhan ngak ada makan siang jadi mungkin uangnya bisa diinvestasikan untuk infaq.

Peningkatan kualitas ibadah selama ramadhan sepantasnya diikuti dengan Target-target yang ingin dicapai selama ramadha. Tulis target kita tersebebut, jangan diawang-awang saja, nanti kalo lupa kan repot. Contoh bebrapa target yang dapat dibuat adalah 1) Puasa Full selama ramadhan, 2) menambah bebrapa hafalan surat, 3) membaca Al-Qur’an 1 juz perhari, 4) minimal sedekah berapa perhari/perminggu, 5)Sholat-sholat sunnah yang menjadi target untuk dikerjakan, dan masih banyak lagi. Tentunya Bagus-Tidaknya target itu tidak dinilai dari berapa banyak target yang ingin dicapai, tapi Keistiqomahan dalam mememenuhi Target-target tersebut sebagai rangkaian “Menikmati Ramadhan ^_^”

About salimfi

Undergraduate Student of Economics Universitas Gadjah Mada

Posted on 11/07/2013, in Islami and tagged . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. oke nih untuk di share ke temen2 pemandu, agar lebih semangat menjalankan targetan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: