Ada apa dengan VALENTINE-day???

AADV AADV AADV

Kayak judul sebuah  film indonesia yang booming di 2003 aja yak. Pada posstingan kali ini salimfi akan membagikan informasi mengenai valentine day. Latar belakang memposting postingan selain untuk menambah the amount of article @salimfi.wordpress.com yang paling utama adalah sebagai resume beberapa artikel (hasil googling) tentang Valentine day. Malam ini, pengetik telah membaca >7 artikel tenatng valentine. Gak cuma dari satu sumber aja sob😀.

Akhir-akhir ini(1mingguan lah), di media massa(terutama TV) sengat gencar memberitakan tentang valentine. Saya sedikit mengetahui sejarah valentine sekitar 3 tahun yang lalu melalui salah satu kakak alumni SMA saya. Yang menceritakan(cerita intinya) bahwa asal usul valentine itu bermula Ketika seorang pendeta bernama Santo Valentinus menentang kebijakan Kaisar Caludius II yang melarang pasukan perangnya (cowok2) mempunyai hubungan dekat dengan wanita. Kebijakan si kaisar sendiri diharapkan agar pasukannya fokus dalam mellaksanakan tugas sebagai prajurit perang. Lalu Santo Valentinus secara ilegal (ngak dapet ijin pemerintah) menikahkan para prajurit yang pengen menikahi kekasihnya. Santo Valentinus enggan melaksanakan kebijakan dari Kaisar Caludius II, karena itu si pendeta ini dijatuhi hukuman mati. Menurut ceritanya sih, Santo Valentinus itu dieksekusi tanggal 14 Februari.

Nah cerita pendek(sangat pendek mungkin -.-) yang saya paparkan tadi merupakan kisah yang paling populer sebagai dasar mengapa kok saat ini marak banget perayaan Valentine Day.

Barusan (sebelum saya negtik postingan ini) dari riset googling , saya menemukan bebrapa artikel yang patut untuk dibaca diantaranya:

View dari Media massa umum: Sejarah Valentine persembahan dewa zeus untuk sang dewi

dari segi islami: Mitos Santo Valentinus&lt dan Mereka Dibalik Valentine

Dari segi Islamjelas melarang merayakan valentine. Mengapa kok dilarang?. Ente kurang kerjaan baget sih ngrayain hal begituan. Secara logis bisa dibilang perayaan valentine merupakan sarana musuh besar umat muslim (SYAITON) untuk menjerumuskannya kedalam lubang perzinahan , apalagi buat para ABABIL (Abege Labil) yang otaknya udah dicuci ama iklan-iklan TV tentang valentine. Dari artikel-artikel diatas (terutama dari segi islam) bisa disimpulkan bahwa Valentine Day itu masih ngak jelas asal-usulnya. Para pengeruk duit-lah (PEBISNIS tak bermoral) yang terlalu heboh untuk mendapatkan uang melalui Valentie day, sehingga tak heran kalo media massa diisi iklan-iklan tak bermutu bagi moral saat mendekati tanggal 14 Februari.

Rasulullah SAW bersabda:
” Barangsiapa meniru suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tersebut ” (HR. At-Tirmidzi)

Valentine day, jelas bukan merupakan ajaran islam. Valentine merupakan kebiasaan orang-orang barat(eropa , amerika) yang perayaannya menimbulkan banyak sekali kemaksiatan di Bumi.

Saya yakin kok , gak cuma kaum muslimin aja yang menolak perayaan Valentine day. Banyak di belahan bumi ini baik etnis maupun agama yang gak setuju dengan perayaan valentine day.

Saya juga punya referensi dari orang kristiani yaitu:
Bolehkah Orang Kristen merayakan valentine

Gimana dah dibaca link diatas, kesimpulan dari si penulis artikel Bolehkah Orang Kristen merayakan valentine tak patut lah untuk merayakan valentine day.

???

Kesimpulan dari saya: Valentine day merupakan sebuah perayaan yang patut dipertanyakan keabsahannya. Perayaanya lebih banyak menghasilkan perbuatan yang hina. Peringatannya menguntungkan PEBISNIS(cokleat, kartu ucapan, mawar, media, dll)   ~.~ #truestoryval

sumber gambar : No Valentine’s Day(3.bp.blogspot.com)

About salimfi

Undergraduate Student of Economics Universitas Gadjah Mada

Posted on 13/02/2013, in Islami, Wow.. and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: