Kurang Tidur, Efeknya apa?

Postingan kali ini masih mengenai Tidur. Yah, Tidur emang hal yang mebuat kita merasa nyaman baget ya, disaat tubuh udah dipake kerja lama seharian , maka harus istirahat, caranya ya dengan tidur yang cukup. Masalah yang timbul adalah bagaimana jika Tidur kita tidak cukup?. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas efek yang ditimbulkan akibat dari kurang tidur. Back to the base problem, as a newbie colleger, sebelum ini saya sering mempekerjakan tubuh ini sampai larut malam apakah untuk mengerjakan tugas kuliah (ini masi mending) atau sekadar wasting my rest time dengan nonton movie dkk.nya . Hal ini berakibat saya kurang istirahat dan sering bangun saat matahari sudah menampakkan dirinya. Untuk efek tidur di pagi hari sebelumnya sudah saya bahas pada Danger: “Tidur di Pagi Hari”, saya pun kini telah bertekad untuk bangun terlebuh dahulu sebelum matahari mulai menyinari bumi.
Dengan memanfaatkan dukungan internet, saya serching tentang efek kurang tidur. Sya temkan dari tribunilmu.blogspot.com sebagai berikut:

Ada enam risiko kesehatan yang terancam jika kita sering kurang tidur.

1. Merindukan makanan junk food

Saat kita kurang tidur, tombol pengatur nafsu makan mengalami gangguan. Alhasil kita menginginkan makanan yang tinggi lemak dan tinggi karbohidrat. Ini akan membuat jumlah kalori dalam tubuh naik drastis.

Sebuah penelitian membuktikan, setelah kurang tidur selama 2 malam berturut-turut, responden mengalami dorongan makan lebih lama dari biasanya. Sebab hormon pemicu nafsu makan, yaitu ghrelin, meningkat dan hormon penekan nafsu makan menurun, yaitu leptin.

Jika dibiarkan terus-menerus, kita akan mengalami kelebihan berat badan. Dan ini semakin ditegaskan oleh penelitian yang dilakukan University of Washington yang menemukan respondennya yang memiliki tidur cukup, 7 sampai 9 jam setiap malam, memiliki nilai BMI yang ideal.

2. Kita menjadi pusat magnet bagi kuman

Orang yang tidur 7 jam pada malam hari, akan 3 kali lebih mudah terkena flu. Ini adalah hasil studi JAMA. Bahkan penelitian lain menyimpulkan, laki-laki yang kurang tidur dan diberikan vaksin flu, memiliki kelambatan reaksi pembentukan kekebalan tubuh terhadap penyakit musiman itu.

Kekebalan tubuh baru terbentuk, 10 hari setelah vaksinasi dilakukan. Rumusnya hanya satu untuk menjelaskan situasi ini, tidur membentuk sistem kekebalan tubuh kita.

3. Tubuh menjadi lebih lambat mengolah gula

Universitas of Chicago menyimpulkan dalam penelitian mereka, waktu tidur yang pendek akan membuat tubuh kita resisten terhadap insulin. Ini membuat glukosa susah sekali diolah dalam pembuluh darah kita, sehingga kita berpeluang mengalami diabetes tipe 2.

4. Didera stres berkepanjangan

Masih dari penelitian yang dilakukan University of Chicago, kurang tidur membuat hormon kortisol meningkat tajam. Ini adalah hormon yang menyebabkan kita mengenal bagaimana tidak enaknya stres.

Peningkatan kortisol terjadi mulai dari sore hingga malam hari, yang membuat detak jantung kita meningkat, tekanan darah meningkat, dan gula dalam darah meningkat. Ini artinya, kita berisiko untuk mengalami hipertensi, gangguan jantung, dan diabetes tipe 2.

5. Otak kita menjadi berkabut

Saat kita kurang tidur, maka otak diserang “kabut tebal”. Bahkan Joyce Walsbelen, PhD, pakar kesehatan tidur, bercerita, kabut tebal ini membuat kita susah sekali merasa senang.

“Sebab kontrol tidur dan emosi ada pada areal otak yang sama. Jadi saat kita kurang tidur, maka otomatis kita sudah membuat diri menjadi mudah sekali depresi.”

6. Membuat kita terlihat lebih tua

Kurang tidur juga membuat aliran darah melambat, tak terkecuali yang ada di bawah kulit kita. Maka tak heran jika kantung mata mudah terbentuk saat kita kurang tidur, dan kondisi ini tentu bukanlah sesuatu yang dapat menyempurnakan tampilan kita.

“Lebih parahnya lagi, kurang tidur yang meningkatkan hormon kortisol juga memperlambat produksi kolagen. Jika ini yang terjadi, katakan selamat datang pada keriput,” ucap Jyotsna Sahni, MD, pakar kesehatan tidur dari Canyon Ranch, Amerika Serikat.

Melihat daftar lengkap keluhan tubuh saat kita kurang tidur ini, kita pasti tak ingin membuat tubuh mengeluh lagi. Karena itu, lakukanlah trik mudah untuk tidur lelap.Secara perlahan, tidurlah 15 menit lebih cepat setiap malamnya.
Matikan lampu sejam sebelum menutup mata, dan cobalah untuk rileks. Jika alunan musik bisa menenangkan diri, jangan ragu untuk menikmati alunan tersebut sambil menutup mata.

Jangan letakkan televisi atau komputer di kamar kita.
Lakukan meditasi atau peregangan tubuh, 30 menit sebelum benar-benar tidur.

Nah tuh, udah pada tau sekarang efek yang ditimbulkan jika kita sering kurang tidur. Disini saya tidak hanya membeberkan efek buruk dari kurang tidur. Tetapi saya sempatkan juga berbagi tips untuk orang-orang yang sampai saat ini sering begadang khususnya Mahasiswa🙂 #teman seperjungan Tolabulilmi agar dapat menyelesaikan tugas dan tidak terlalu menganggu durasi tidur yang cukup. Tips ini juga berguna bagi saya pribadi🙂

1. Buatlah jadwal jam tidur dan patuhilah jadwal anda tersebut

Usahakan tidursebelum  jam 23.00, karena saat tengah malam adalah saat dimana organ-organ dalam seperti ginjal dan hati beristirahat. Kalaupun ada tugas yang belum terselesaikan, hidupkanlah alarm agar bangun lebih awwal, misalnya jam 2 mala. Hal ini lebih bermanfaat kerena tubuh sudah diberikan porsi beristirahat terlebih dahulu selain itu bissa juga Solat Tahujud🙂. Apa bila setelah subuh mulai mengantuk, usahakan sekuat tenaga jangan tidur karena Danger: “Tidur di Pagi Hari”. lebih baik tidur saat siang hari walaupun sebentar.

2. Begadang dalam seminggu jangan 2 kali berturt-turut

Kalupun ada pekerjaan yang memng mengharuskan anda untuk begadang, usahakan jangan melakukan pekerjaan tersebut terlalu sering apalagi dua hari berturut-turut. Jika hal tersebut terjadi makan dikhawatirkan akan menjadikan tubuh terbiasa begadang yang tentunya tidak baik bagi kesehata.

Demikian postingan kali ini,janganlah kita mendzolimi diri sendiri dengan Kurang Tidur. Tubuh juga perlu Istirahat. Semoga kita semua diberikan petunjuk oleh Allah Ta’ala agar senantiasa melakukan perbaikan🙂 Aamiin

 

About salimfi

Undergraduate Student of Economics Universitas Gadjah Mada

Posted on 27/10/2012, in Health, Tutorial and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: