Jin, Iblis, Syaitan… Siapa Mereka?

Diri admin sendiri sering bertany-tanya tentang ketiga kata yang nongol sebagai judul di atas.ย  Diketahui Jin, Iblis, dan Syaitan. Mereka merupakan makhluk Allah yang diciptakan dari api. Sedangkan sudah jelas bahwa Malaikat dari Cahaya dan Manusia diciptakan dari tanah. Dari pada sma-sama bingung , marilah kita simak kutipan dari rubrik Ustadz Menjawab di Eramuslim.com tentang perbedaan Jin, Iblis, dan Syaitan.
Artikel ini saya baca bebrapa bulan yang lalu dan saya ingin share kepada pembaca sekalian. Semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua๐Ÿ™‚.
———————————————————————-
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Bapak ustad Sigit yang dirahmati Allah SWT,Saya mau bertanya apa perbedaan antara Jin,Iblis dan syaitan.Bagaimana pula dengan penciptaan jin,karena setahu saya Allah SWT hanya menciptakan Malaikat,Iblis dan manusia.Sekian pertanyaan dari saya,atas jawabanya saya ucapkan terima kasih.

Wassalam
Adi Setiawan

Jawaban
Waalaikumussalam Wr Wb
Saudara Adi yang dimuliakan Allah swt
Al Qurthubi didalam tafsirnya tentang surat al Jin menyebutkan bahwa para ahli ilmu telah berbeda pendapat tentang asal usul dari jin. Al Hasan al Bashri mengatakan bahwa jin adalah anak dari iblis sedangkan manusia adalah anak dari Adam. Diantara mereka ada yang beriman dan ada yang kafir, mereka semua sama dalam hal pahala dan siksa. Barangsiapa diantara mereka yang beriman maka dia adalah wali Allah dan barangsiapa dari mereka yang kafir maka ia adalah setan. Ibnu Abbas berkata,โ€Jin adalah anak dari jaan dan mereka bukanlah setan. Mereka (jin) juga mati, diantara mereka ada yang beriman dan ada yang kafir. Sedangkan setan adalah anak-anak iblis yang tidak mati kecuali bersama iblis.
Didalam tafsir surat an Nas, Qatadah mengatakan bahwa dari kalangan jin terdapat setan-setan dan dari kalangan manusia juga terdapat setan-setan, pendapat ini menguatkan pendapat al Hasan al Bashri diatas, firman Allah swt :
ูˆูŽูƒูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ุฌูŽุนูŽู„ู’ู†ูŽุง ู„ููƒูู„ู‘ู ู†ูุจููŠู‘ู ุนูŽุฏููˆู‘ู‹ุง ุดูŽูŠูŽุงุทููŠู†ูŽ ุงู„ุฅูู†ุณู ูˆูŽุงู„ู’ุฌูู†ู‘ู

Artinya : โ€œdan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap Nabi itu musuh, yaitu syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dan jenis) jin.โ€ (QS. Al Anโ€™am : 112)
Didalam kitab โ€œHayah al Hayawan al Kubroโ€ karya ad Damiriy tentang jin bahwa yang masyhur adalah bahwa jin merupakan keturunan dari iblis. Ada yang mengatakan bahwa jin adalah satu jenis dan iblis adalah satu dari mereka, tidak diragukan lagi bahwa jin adalah keturunannya seperti yang dimaksud dengan firman Allah swt :
ุฃูŽููŽุชูŽุชู‘ูŽุฎูุฐููˆู†ูŽู‡ู ูˆูŽุฐูุฑู‘ููŠู‘ูŽุชูŽู‡ู ุฃูŽูˆู’ู„ููŠูŽุงุก ู…ูู† ุฏููˆู†ููŠ ูˆูŽู‡ูู…ู’ ู„ูŽูƒูู…ู’ ุนูŽุฏููˆู‘ูŒ

Artinya : โ€œPatutkah kamu mengambil dia dan turanan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu?โ€ (QS. Al Kahfi : 50). Dan siapa yang kafir dari kalangan jin maka disebut dengan setan.
Didalam kitab โ€œAkaam al Marjaan fii Ahkaam al Jaanโ€ karya seorang pakar hadits asy Syubliy disebutkan bahwa jin mencakup malaikat dan juga yang lainnya yang tersembunyi dari penglihatan, sebagaimana firman Allah swt :

Artinya : โ€œDan mereka adakan (hubungan) nasab antara Allah dan antara jin.โ€ (QS. Ash Shaffat : 158), karena orang-orang musyrik menganggap bahwa malaikat adalah anak-anak Allah.
Dia mengatakan bahwa setan adalah jin yang berbuat maksiat dan mereka adalah anak-anak iblis.. al Jauhariy mengatakan bahwa setiap pembangkang dari kalangan jin, manusia dan binatang disebut dengan setan. Orang-orang Arab menamakan ular dengan setan. (fatawa al Azhar juz X hal 146)
Adapun tentang penciptaan jin maka disebutkan didalam firman-Nya :
Artinya : โ€œdan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.โ€ (QS. Al Hijr : 27)
Juga didalam firman-Nya yang lain :
ูˆูŽุงู„ู’ุฌูŽุขู†ู‘ูŽ ุฎูŽู„ูŽู‚ู’ู†ูŽุงู‡ู ู…ูู† ู‚ูŽุจู’ู„ู ู…ูู† ู†ู‘ูŽุงุฑู ุงู„ุณู‘ูŽู…ููˆู…ู

Artinya : โ€œDan Dia menciptakan jin dari nyala api.โ€ (QS. Ar Rahman : 15)
Al Iroqi mengatakan dari Ibnu Abbas : ู…ูู†ู’ ู…ูŽุงุฑูุฌู ู…ูู†ู’ ู†ูŽุงุฑู adalah dari nyala api, yang paling baik darinya.
Ali bin Abi Thalhah mengatakan dari Ibnu Abbas ู…ูู†ู’ ู…ูŽุงุฑูุฌู ู…ูู†ู’ ู†ูŽุงุฑู adalah dari api murni, demikian pula pendapat Ikrimah, Mujahid, adh Dhahak dan yang lainnya.
Diriwayatkan Oleh Imam Muslim dan Ahmad dari Aisyah berkata,โ€Rasulullah saw bersabda,โ€™Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api dan Adam diciptakan dari apa yang telah disifatkan kepada kalian.โ€
Wallahu Aโ€™lam

About salimfi

Undergraduate Student of Economics Universitas Gadjah Mada

Posted on 10/09/2012, in Islami. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: