TATO , itu haram cuy..

Tato dalam pandangan Islam.

rupa2-tato
Pada postingan kali ini, saya akan menshare seputar TATO. Dalam bahasa Indonesia, kata tato merupakan pengindonesiaan dari kata tattoo yang berarti goresan, gambar, atau lambing yang membentuk sebuah desain pada kulit tubuh. Di dalam Ensiklopedia Indonesia dijelaskan bahwa tato merupakan lukisan berwarna permanen pada kulit tubuh(1984:241). (Olong, 2006)
Rasulullah SAW sebagai panutan umat Muslim pernah bersabda:
”Allah melaknat orang-orang yang mentato dan yang minta untuk ditato.” (HR. Bukhori)


Mengenai pembahasan tentang hadist diatas saya mencuplik dari sebuah rubrik tanya jawab di eramuslim.com yang pembahasannya sebagai berikut:
Tato termasuk perbuatan yang merubah ciptaan Allah swt serta menjadikan ditempat tato itu najis dengan membekunya darah dikarenakan warna bahan tato itu.
DR Wahbah mengatakan bahwa apabila tato itu bisa dihilangkan dengan pengobatan maka hal itu wajib dilakukan namun apabila tidak memungkinkan kecuali dengan melukainya maka apabila hal itu tidak membawa bahaya yang berat atau cacat yang mengerikan pada anggota tubuh yang terlihat, seperti wajah, kedua telapak tangan maka menghilangkannya tidaklah wajib dan wajib baginya untuk bertaubat akan tetapi apabila melukai (untuk menghilangkannya) tidak membahayakan maka dia harus menghilangkannya. (al Fiqhul Islami wa Adillatuhu juz IV hal 2683)
Wallahu A’lam
Dari pembahasan dapat diketahui bahwa kaum muslimin diharamkan untuk menato dirinya dan membuat tato pada tubuh orang lain. Apa bila salah seorang telah memiliki tato, hendaknya segera bertaubat kepada Allah dan berusaha semaksimal mungkin untuk menghilangkan tato yang telah dimilikinya tersebut.
Selainitu dari hariansemarangsolusi.blogspot.com (sumber gambarnya dari sini juga brew),  saya mendapatkan alasan kuat terutama berdasarkan tinjauan medis mengapa tidak perlu bertato. Berbagai alasannya yaitu:
- Jangan Ikuti Tren
Anda harus mempertimbangkan desain yang akan kelak menghiasi tubuh indah. Jangan pernah melihat tren pada saat Ada melakukan penatoa. Tren pastinya akan berganti seiring berjalannya waktu. Pilihlah gambar atau motif yang benar-benar sesuai dengan kepribadian Anda.

- Penempatan
Tato yang menghiasi leher atau tangan, tak dipungkiri akan dengan mudah menarik perhatian. Terutama ketika Anda wawancara kerja dan berbagai momen ketika seseorang dinilai dari penampilan. Jika Anda ingin membuat tato perhatikan penempatan tato yang tepat agar tak menyusahkan di kemudia hari.

- Warna
Perlu Anda ketahui bahwa warna tato dari waktu ke waktu akan memudar. Tak hanya itu, penuaan kulitpun menjadi faktor utama dalam keindahan tato. Jadi setelah menato, Anda juga harus mewarnainya kembali secara tertatur.

- Aspek Kesehatan
Jarum yang menusuk lapisan kulit bisa menyebabkan infeksi. Perhatikan alat-alat yang digunakan pembuat tato. Higienis adalah faktor dasar dalam memilih butik tato. Pastikan juga tinta untuk menato tak menimbulkan reaksi alergi pada kulit Anda. Jangan sampai setelah ditato Anda harus menghadapi masalah alergi yang parah.
Demikianlah postingan singkat saya ini. Semoga bermanfaat., Don’t try use tatooo guys, or you have to erase it as you can (biayanya mahal sob)

About these ads

About salimfi

College student

Posted on 28/02/2013, in Health, Islami and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: